Harga bahan makanan merangkak naik jelang Natal

Harga bahan makanan seperti daging ayam, telur, cabai merah besar dan cabai keriting mengalami kenaikan menjelang Natal dan Tahun Baru.

ilustrasi

Harga bahan makanan merangkak naik menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Harga daging ayam broiler terpantau naik di tingkat pedagang di sejumlah pasar tradisional di Kota Jambi.

"Rata-rata harga daging ayam naik dari sebelumnya Rp 35.000 kini menjadi berkisar Rp38.000 per kilogram," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi Ariyansah di Jambi, Senin, seperti dilansir Antara. 

Dia menjelaskan, harga daging ayam naik yang hingga 9% menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru itu dikarenakan berkurangnya pasokan di tingkat pedagang.

Disperindag Provinsi Jambi memantau perkembangan harga dan distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat di tiga pasar tradisional. Yakni Pasar Induk Angsoduo, Pasar Tradisional Talang Banjar dan Simpang Pulai.

Pemantauan harga bahan pokok itu dilakukan rutin untuk mengetahui perkembangan gejolak harga dan pasokan komoditas pangan yang terjadi di pasaran.