Harga BBM akan dinaikkan pada tahun depan

Pemerintah telah mempersiapkan cara untuk mengatur laju inflasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution./AntaraFoto

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, memberi sinyal kenaikan BBM pada pertengahan tahun depan. 

"Kalau soal harga BBM, ya nantilah. Paling juga setelah pertengahan tahun, naik," ujar dia, di kantornya, Jumat (30/11). 

Meskipun harga BBM akan dinaikkan, Pemerintah telah mempersiapkan cara untuk mengatur laju inflasi. Salah satunya mengendalikan volatile food, dengan memastikan ketersediaan pangan. 

"Kalau produksinya bagus, mestinya untuk volatile food tidak ada apa-apa, harga akan tenang-tenang saja. Tetapi, kalau tidak bagus, berarti harus cepat mengambil keputusan, itu aja. Nah, terkadang dalam mengambil keputusan itu, ada tarik-menarik," kata Darmin. 

Menanggapi hal itu, Ekonom Indef Bhima Yudhistira, menilai, pemerintah sudah mulai melihat masalah kebijakan populis tahan harga BBM dan tarif listrik menjadi bom waktu. Dilihat dari kerugian PLN dan potential loss Pemerintah yang semakin melebar. Populisme kebijakan pemerintah, mengorbankan BUMN di jangka pendek dan APBN di jangka panjang.