Harga cabai picu inflasi Juli 2019

Harga bahan pokok terutama cabai masih menjadi penyebab inflasi nasional.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga cabai merah, cabai rawit, beras dan uang sekolah yang naik menjadi pemicu terjadinya laju inflasi pada Juli 2019 sebesar 0,31%. / Antara Foto

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga cabai merah, cabai rawit, beras dan uang sekolah yang naik menjadi pemicu terjadinya laju inflasi pada Juli 2019 sebesar 0,31%.

"Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Juli 2019, antara lain cabai merah dan cabai rawit, di mana hal ini dikarenakan ketergantungan masyarakat terhadap konsumsi cabai," kata Kepala BPS Suharyanto di Jakarta, Kamis (1/8).

Suharyanto memaparkan cabai merah memberikan andil inflasi sebesar 0,20% dan cabai rawit menyumbang andil inflasi 0,06%.

Kelompok bahan makanan yang juga memberikan sumbangan inflasi pada periode ini adalah harga ketimun, cabai hijau, apel, dan pir yang menyumbang inflasi masing-masing 0,01%.

Dari kelompok pendidikan, uang sekolah SMA menyumbang inflasi sebesar 0,02%, uang sekolah SD, SDM dan bimbingan belajar masing-masing menyumbang inflasi sebesar 0,01%.