Harga gula konsumsi naik 4%, pemerintah siapkan antisipasi 

Kenaikan harga gula di awal tahun akan diantisipasi agar tidak berlarut.

Sekretaris Jenderal Kemendag Oke Nurwan (dua dari kiri) saat konferensi pers terkait penanggulangan inflasi di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (13/2/2020). Alinea.id/Nanda Aria.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) segera menggelar rapat koordinasi terbatas (rakortas) menyusul berlanjutnya kenaikan harga gula kristal putih (GKP). Harga GKP naik sebesar 4% pada Februari dibandingkan dengan Januari.

Sekretaris Jenderal Kemendag Oke Nurwan mengatakan, kenaikan harga gula konsumsi tersebut harus segera diantisipasi oleh pemerintah agar tidak menyebabkan terjadinya kenaikan harga lanjutan di bulan-bulan mendatang.

"GKP perlu diantisipasi. Kenaikannya sudah 4%, sehingga kita harus antisipasi. Minggu depan akan kita rakortas untuk membahas kebutuhan GKP ini supaya harganya kembali stabil," kata Oke usai rapat koordinasi di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (13/2).

Oke pun menuturkan rapat koordinasi terbatas tersebut akan dilangsungkan pada minggu depan dan akan membahas strategi mengenai pengendalian harga gula.

"Antisipasinya akan dirapatkan minggu depan, fokus utamanya adalah pengendalian harga gula konsumsi," ujarnya.