IHSG akan lanjutkan penguatan awal pekan ini

Faktor internal dan eksternal akan menyokong penguatan IHSG.

Ilustrasi IHSG./Antara Foto

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada pekan ini. Pekan lalu, IHSG mampu parkir di zona hijau ditutup pada level 6.461,18 atau naik 1,22% selama sepekan.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan, penguatan indeks yang terjadi pekan lalu salah satunya disebabkan sentimen global yang cukup bagus. Salah satunya adalah optimisme dari kesepakatan atas perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Menurutnya, hal yang sama masih akan terjadi di pekan ini. "Pekan ini IHSG cenderung akan kembali menguat dengan support resistance 6.500 - 6.340," kata Lanjar kepada reporter Alinea.id, Senin (18/3).

Meski demikian, kata dia, pada awal pekan ini akan ada aksi ambil untung atau profit taking dalam jangka pendek. "Rabu, Kamis, dan Jumat IHSG akan mengalami rebound," katanya.

Secara teknikal, IHSG berhasil mengkonfirmasi pola piercing line dengan menguat kembali menguji Moving Average (MA) 50 dan MA20 sebagai resistance terdekat. Indikator Stochastic golden-cross mulai keluar dari area overbought, dengan RSI yang bergerak positif cukup optimis.