IHSG cenderung fluktuatif

Sentimen dari eksternal diperkirakan mendominasi pergerakan IHSG.

Karyawan melintas di dekat layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (22/2)./AntaraFoto

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak fluktuatif cenderung melemah pada hari ini (13/3). Associate Director Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, sentimen dari eksternal mendominasi pergerakan IHSG.

Sentimen tersebut datang dari Brexit. Setelah melalui proses yang sangat panjang, pada akhirnya kesepakatan Brexit ditolak Parlemen.

Hal ini akan mendorong Inggris untuk berada dalam krisis politik dan akan meningkatkan probabilitas bahwa proses Brexit mungkin akan ditunda. 

Nico menjelaskan, hasil voting suara semalam adalah 391 vs 242. Dalam pernyataannya, Perdana Menteri Inggris Theresa May menyampaikan, memilih untuk pergi tanpa kesepakatan dan memperpanjang waktu, tidak akan menyelesaikan masalah yang dihadapi. 

"Selain itu, May juga masih terus percaya bahwa sejauh ini hasil terbaik adalah Inggris meninggalkan Uni Eropa secara tertib dengan sebuah kesepakatan. Kesepakatan yang telah dinegosiasikan adalah yang terbaik dan memang satu-satunya kesepakatan yang tersedia," ujar Nico kepada Alinea.id, Selasa (13/3).