IHSG cenderung menguat

Sentimen global datang dari Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin

Pekerja beraktivitas di atas layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (5/4)./AntaraFoto

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan Kamis (11/4). Sentimen berasal dari global maupun dari domestik.

Associate Director Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, sentimen global datang dari Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin yang mengatakan, Amerika Serikat (AS) dan China telah sepakat membuka kantor penegakan hukum, sebagai salah satu cara memastikan masing-masing pihak memenuhi ketentuan kesepakatan perdagangan yang masih dalam negosiasi. 

Hal inilah yang dilihat sebagai keseriusan kedua belah pihak untuk dapat menyelesaikan masalah ini. "Kami melihat, meskipun ada aura dovish, tapi berita hari ini masih menunjukkan keyakinan masa depan yang optimis," kata Nico dalam risetnya.

Di tengah ketidakpastian ekonomi dan arah kebijakan perekonomian global, pemerintah Indonesia diharapkan dapat menjaga iklim investasi. Stimulus fiskal juga mesti ditujukan untuk meningkatkan kepercayaan rumah tangga dan bisnis, sekaligus mampu memitigasi kebocoran anggaran melalui impor. 

"Sejauh ini langkah pemerintah dan bank sentral yang mencoba memperbaiki perekonomian dari langkah-langkah kebijakan makroprudensial kami nilai sudah cukup baik, namun sentimen dari eksternal dapat berdampak signifikan jika pondasi suatu negara masih belum cukup kuat," ucap Nico.