IHSG dibuka melemah seiring pelemahan bursa global

Investor akan fokus pada pertemuan gubernur The Fed.

Karyawan membersihkan lantai di depan layar yang menampilkan informasi pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (20/5/2020). Foto Antara/M Risyal Hidayat/aww.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah 0,11% ke level 5.029 pada Rabu (10/6). Sementara bursa Amerika Serikat ditutup bercariasi. Dow Jones ditutup turun 1,09%, Nasdaq ditutup naik 0,29%, dan S&P 500 ditutup turun 0,78%. 

Analus Artha Sekuritas Dennies Christoper, mengatakan penurunan merupakan koreksi dari peningkatan tajam indeks saham AS selama satu pekan berturut-turut. Investor mengambil keuntungan dari kenaikan tersebut. 

Investor juga menunggu komentar dari The Fed terkait pertumbuhan ekonomi di AS setelah adanya data pekerjaan yang tidak seburuk perkiraan pada pekan lalu.  

"Saat ini investor berekspektasi bahwa The Fed tidak akan mengubah suku bunga dan melanjutkan program pembelian aset," kata Dennies. 

Sementara bursa Asia tercatat dibuka menurun, menanti arahan dari Wall Street dan juga meningkatnya geopolitik terhadap China dari beberapa negara lainya seperti India. Indeks Nikkei tercatat terkoreksi 0,53% dan TOPIX dibuka turun 0,55% seiring aksi profit taking setelah relinya saham global.