IHSG dibuka menguat 0,36%

Investor masih belum merespons kerusuhan tersebut dan lebih berfokus pada pembukaan kembali ekonomi di AS setelah karantina.

Karyawan melintas di bawah layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (20/5/2020). Foto Antara/M Risyal Hidayat/aww.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,36% ke level 4.770 di awal pekan ini, Selasa (2/6). Hal itu mengikuti bursa Amerika Serikat yang ditutup menguat. Dow Jones ditutup naik 0,36%, Nasdaq ditutup menguat 0,66%, dan S&P 500 ditutup naik 0,38%.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan, bursa saham AS masih terus mengalami penguatan meskipun terjadi kerusuhan di beberapa kota besar. Kerusuhan tersebut merusak beberapa toko retail yang sebelumnya sudah mengalami kesusahan dari karantina Covid-19.

"Namun, investor masih belum merespons kerusuhan tersebut dan lebih berfokus pada pembukaan kembali ekonomi di AS setelah karantina," kata Dennies.

Sementara itu Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, sentimen akan datang dari pelaku pasar yang masih akan mencermati ketegagan Amerika Serikat dengan China menyusul Kongres Rakyat Nasional China menyetujui RUU keamanan nasional untuk Hong Kong.

Hans melanjutkan AS memiliki peluang mengenakan sanksi terhadap perusahaan dan pejabat China atas situasi yang terjadi di Hong Kong. hal ini juga akan menjadi perhatian pasar.