IHSG diprediksi rebound terdorong kenaikan cadangan devisa

Selain rilis cadev yang positif, data kredit Desember 2018 diyakini semakin memperkokoh IHSG.

Ilustrasi IHSG./Antara Foto

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan rebound pada perdagangan saham Rabu (9/1). Analis Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya, mengatakan IHSG akan bertengger di zona hijau usai rilis cadangan devisa (cadev).

Bank Indonesia melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2018 terus meningkat menjadi US$120,7 miliar. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan akhir November 2018 yang tercatat US$117,2 miliar.

"IHSG, pascarilis data perekonomian cadev yang menunjukkan adanya pertumbuhan, terlihat akan semakin kokoh untuk dapat melanjutkan progres kenaikan jangka panjangnya. IHSG akan berada di rentang 6.123-6.421," ujar William dalam riset hariannya, Rabu (9/1).

Selain itu, lanjut William, pelaku pasar dinilai tengah menanti data pertumbuhan kredit Desember 2018 yang akan segera rilis. Dia memprediksi pertumbuhan kredit akhir tahun lalu semakin positif, dibandingkan dengan posisi November 2018. 

Adapun dalam catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pertumbuhan kredit dua bulan lalu sebesar 12,05%, turun dari Oktober 2018 sebesar 13,5%.