IHSG diprediksi terkonsolidasi di 6.765-7.280 pada bulan ini

Pergerakan IHSG dipengaruhi faktor-faktor seperti data ekonomi domestik dan global, kebijakan The Fed, dan pergerakan harga komoditas.

Ilustrasi. Foto Pixabay

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memprediksi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkonsolidasi di level 6.765-7.280 pada Juni 2022. Momentum setelah musim dividen dan laporan keuangan diprediksi membuat IHSG melemah begitu terealisasi.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Martha Christina mengatakan, rencana kenaikan Fed Rate berpotensi menimbulkan gejolak di bursa saham global yang dapat berimbas ke domestik. Untuk itu, pihaknya menyarankan investor melakukan trading selektif.

“Faktor negatif tersebut akan diimbangi oleh dukungan dari positifnya kinerja emiten serta pembagian dividen dan kondisi makro ekonomi domestik, sehingga IHSG diprediksi terkonsolidasi dengan prediksi berdasarkan analisis teknikal pada support-resistance 6.765-7.280,” ujar Martha.

Martha mengatakan, pergerakan IHSG dipengaruhi faktor-faktor seperti data ekonomi domestik dan global, kebijakan The Fed, pergerakan harga komoditas, serta pembagian dividen Tahun Buku 2021. 

Pada Mei, enam sektor dari sebelas indeks sektoral mengalami penguatan. Dua sektor dengan performa terbaik yaitu IDX Trans yang disusul IDX Energy.