IHSG ditutup menguat 0,66% ke level 5.064

Tercatat sebanyak 8,1 miliar lembar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi sebesar Rp6,2 triliun.

Ilustrasi. Pergerakan IHSG. Pixabay.com

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,66% ke level 5.064 pada perdagangan Senin (13/7). Investor asing tercatat membukukan penjualan bersih senilai Rp44 miliar di seluruh pasar.

Tercatat sebanyak 8,1 miliar lembar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi sebesar Rp6,2 triliun. Saham-saham di sektor pertambangan yang naik 3,21% dan agrikultur yang naik 2,36% menjadi pendorong penguatan IHSG hari ini.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Nico Demus mengatakan, pada perdagangan hari ini, bursa Asia ditutup menguat. Pelaku pasar saham merespons optimis terhadap laporan kinerja perusahaan Amerika. Di mana, laporan kinerja diproyeksikan lebih tinggi dari konsensus pasar.

"Kali ini data perkembangan coronavirus di Amerika tidak terlalu menjadi perhatian, sebab para pelaku pasar telah memercayai adanya peluang dari pemulihan yang berasal dari vaksin dalam waktu dekat," tutur Nico.

Sementara dari dalam negeri, Nico mengatakan pelaku pasar saham mencermati rilis data neraca perdagangan Juni, yang diagendakan pada Rabu pekan ini.