IHSG ditutup turun 0,52% ke level 5.099

Saham-saham di sektor properti yang turun 1,91% dan sektor konsumer yang turun 1,29% menjadi pendorong pelemahan IHSG hari ini.

Ilustrasi pergerakan IHSG. Foto Pixabay.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup turun 0,52% ke level 5.099 pada perdagangan Selasa (20/10). Saham-saham di sektor properti yang turun 1,91% dan sektor konsumer yang turun 1,29% menjadi pendorong pelemahan IHSG hari ini (20/10).

Tercatat sebanyak 10,2 miliar lembar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp9,2 triliun. Investor asing tercatat melakukan aksi jual bersih mencapai Rp168 miliar.

Saham-saham seperti ASII, INTP, TBIG, BMRI, dan INCO menjadi lima saham terbanyak yang diborong investor asing. Sementara saham-saham seperti TLKM, BBRI, ICBP, BBNI, dan TOWR menjadi saham-saham yang paling banyak dijual oleh investor asing.

Saham PT Astra International Tbk. (ASII) tercatat menjadi saham yang paling banyak diborong investor asing hingga Rp135,32 miliar. Sementara saham PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menjadi saham yang paling banyak dijual investor asing hingga Rp142 miliar.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Nico Demus mengatakan, sentimen dari dalam negeri datang dari aksi demo yang dilakukan mahasiswa terhadap penolakan UU Cipta Kerja, cukup memberikan tekanan bagi pergerakan IHSG pada hari ini (20/10).