Indef: Pelabuhan Patimban harus bidik sektor pariwisata

Aviliani mengatakan pariwisata telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Aviliani mengatakan bahwa pengoperasian Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, seharusnya tidak hanya difokuskan pada sektor perdagangan saja, namun juga pariwisata.

Menurut Aviliani, saat ini pariwisata telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat, bukan lagi kebutuhan sekunder. Dengan dibangunnya pelabuhan yang baru, maka dapat memfasilitasi kebutuhan masyarakat.  

"Sekarang, pariwisata di Indonesia sudah menjadi kebutuhan pokok, bukan lagi kebutuhan sekunder. Jadi, dengan adanya pelabuhan ini memperbanyak pelabuhan-pelabuhan untuk memfasilitasi orang berwisata," katanya dalam diskusi online, Jumat (20/11). 

Oleh karena itu, menurutnya, pemerintah juga harus berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk membuka akses berwisata ke lokasi wisata baru di dalam negeri.

"Harus kerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk nantinya bisa menjangkau tempat-tempat wisata baru yang sebenarnya potensial, tapi belum dikembangkan," ujarnya.