Indeks keyakinan konsumen turun 3,2 poin

Bank Indonesia merilis indeks keyakinan konsumen (IKK) Agustus 2018 sebesar 121,6, lebih rendah 3,2 poin dibandingkan bulan sebelumnya.

Bank Indonesia merilis indeks keyakinan konsumen (IKK) Agustus 2018 sebesar 121,6, lebih rendah 3,2 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 124,8.  / Antara Foto

Bank Indonesia merilis indeks keyakinan konsumen (IKK) Agustus 2018 sebesar 121,6, lebih rendah 3,2 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 124,8. 

Penurunan IKK terjadi pada seluruh kelompok tingkat pengeluaran responden. Kendati demikian, BI mengklaim optimisme konsumen masih terjaga, dilihat dari eskpetasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan. 

Hal ini didukung oleh masih kuatnya ekspektasi terhadap penghasilan yang diterima dan ekspetasi kegiatan usaha meski tidak setinggi hasil survei sebelumnya. 

"Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini juga masih berada pada level optimis, meskipun tidak sekuat bulan sebelumnya terutama dipengaruhi oleh indikator ketersediaan lapangan kerja," seperti dikutip Survei Konsumen Bank Indonesia yang diterima Alinea.id, Kamis (6/9). 

Lebih lanjut, BI menjelaskan penurunan IKK terdalam pada respoden dengan pengeluaran Rp4,1 juta sampai Rp5 juta per bulan.