Jokowi: Indonesia akan ambil peran membangun ekosistem ekonomi kreatif inklusif

Ekonomi kreatif dapat menjadi solusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas dan berkelanjutan.

Presiden Joko Widodo saat membuka Konferensi Ketiga Ekonomi Kreatif Dunia Tahun 2022 (the Third Edition of World Conference on Creative Economy/WCCE), di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Kamis (6/10). (YouTube/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen Indonesia untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif. Menurut Jokowi, industri kreatif saat ini tidak hanya menjadi konsumsi masyarakat lokal, namun produknya telah dinikmati oleh konsumen lintas negara.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka Konferensi Ketiga Ekonomi Kreatif Dunia Tahun 2022 (the Third Edition of World Conference on Creative Economy/WCCE), di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Kamis (6/10).

“Indonesia akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif, mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global,” kata Jokowi.

Selama pandemi Covid-19, Jokowi menilai, mobilitas karya-karya ekonomi kreatif relatif mampu bertahan dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya. Bahkan, beberapa subsektor ekonomi kreatif seperti aplikasi dan pengembang permainan, televisi dan radio, tumbuh secara signifikan yang dipicu konsumsi peningkatan konten selama pandemi.

Menurut Jokowi, sektor ekonomi kreatif dapat menjadi solusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas dan berkelanjutan. Sebab, industri ini mampu mendobrak batas geografis, gender, ras, dan strata ekonomi.