Indonesia-Australia percepat ratifikasi CEPA

Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) sudah disepakati dan menunggu ratifikasi.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai bertemu dengan Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia, Simon Birmingham di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri G20 di Tsukuba, Jepang, Sabtu (8/6). / Antara Foto

Pemerintah Indonesia dan Australia sepakat untuk mempercepat ratifikasi kesepakatan perdagangan bebas atau Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) yang prosesnya masih berlangsung.

"Kita proses dan tahun ini selesai ratifikasi agar 2020 bisa diimplementasikan," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Minggu.

Hal tersebut menjadi salah satu poin pembicaraan pertemuan bilateral antara Menteri Perdagangan Indonesia dengan Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia Simon Birmingham di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri G20 mengenai Perdagangan dan Ekonomi Digital yang diselenggarakan di Tsukuba, Jepang.

Enggar memastikan ratifikasi CEPA ini dapat mempercepat komitmen peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi kedua negara yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

Komitmen Indonesia-Australia ini telah disepakati sejak awal Maret 2019 dan saat ini masih menunggu proses ratifikasi agar dapat segera dilaksanakan.