Untuk jadi negara maju, Indonesia harus naikkan pertumbuhan di sektor ini

Agar bisa lolos dari middle income trap, Indonesia harus memiliki pendapatan per kapita sebesar US$23.000 per tahun

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat menjadi pembicara di Rakerna Hipmi, Jumat (05/03/2021). Foto tangkapan layar.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan, untuk menjadi negara maju pada 2045, Indonesia harus mengerjakan beberapa pekerjaan rumah saat ini. Menurutnya, ada beberapa pilar pertumbuhan yang harus diperhatikan agar Indonesia bisa naik kelas.

Dia menjelaskan, agar bisa lolos dari middle income trap, Indonesia harus memiliki pendapatan per kapita sebesar US$23.000 per tahun. Untuk mencapai hal tersebut, pilar pertumbuhan pertama yang harus diperhatikan adalah investasi.

"Agar bisa tumbuh tinggi, investasi kontribusinya harus 39% sampai 40%. Trajectory pertumbuhannya 7,3% per tahunnya," kata Lutfi dalam Rakernas Hipmi, Jumat (5/3).

Menurutnya, saat ini bukan lagi waktunya untuk membedakan antara investasi lokal dan asing. Semua investasi harus diundang masuk. 

Pilar pertumbuhan kedua, adalah manufaktur. Saat ini, 22% pertumbuhan ekonomi Indonesia datang dari manufaktur. Untuk menjadi negara maju, Lutfi menyebut porsi pertumbuhan dari sektor manufaktur setidaknya harus menyentuh 32%.