Indonesia jajaki kerja sama ketahanan energi dengan AS dan Jepang

Indonesia menjajaki kerja sama pengembangan bisnis gas alam cair (liquid natural gas/LNG) dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Jepang.

Indonesia menjajaki kerja sama pengembangan bisnis gas alam cair (liquid natural gas/LNG) dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Jepang untuk ketahanan energi nasional masing-masing negara.  / Badak LNG

Indonesia menjajaki kerja sama pengembangan bisnis gas alam cair (liquid natural gas/LNG) dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Jepang untuk ketahanan energi nasional masing-masing negara. 

"Ada banyak kemungkinan kerja sama dalam forum pertemuan tiga negara kali ini, di antaranya pengembangan teknologi, dan perdagangan ekspor-impor LNG," kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto di Jakarta, Selasa (5/3).

Dwi juga menjelaskan potensi pasar Indonesia untuk LNG masih terbuka lebar, sehingga banyak peluang bisnis yang akan digarap jika berinvestasi di Indonesia. Menurut dia, Indonesia memiliki tiga hal fokus utama terkait LNG, pertama mengembangkan sumber daya alam yang ada, dalam hal ini eksplorasi akan lebih ditingkatkan. 

Kedua, mengembangkan infrastruktur LNG yang ada sehingga peningkatan produksi lebih pasti. Ketiga, memperbaiki manajemen ekonomi berbasis LNG sehingga lebih efisien.

Cadangan gas alam cair