Bisnis

Indonesia-Korsel perluas kerja sama pengembangan kompetensi SDM industri

Kolaborasi ini merupakan salah satu upaya komprehensif dalam meningkatkan pembangunan dan perekonomian kedua negara.

Selasa, 13 Desember 2022 10:07

Indonesia dan Korea Selatan menjalin kerja sama terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM) industri. Hal ini direalisasikan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Ulsan College dan Kocham di Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Arus Gunawan mengatakan, kolaborasi ini merupakan salah satu upaya komprehensif dalam meningkatkan pembangunan dan perekonomian kedua negara.

Terdapat sejumlah bentuk kerja sama dalam kesepakatan bilateral tersebut. Di antaranya yakni kerja sama pelatihan antara Ulsan College dan Kocham bersama Balai Diklat Industri Kemenperin dan PIDI 4.0, serta kerja sama pendidikan antara Ulsan College dengan Politeknik Kemenperin.

“Programnya meliputi sertifikat kompetensi, pendidikan untuk ASN Kemenperin, program akademik jangka pendek khusus atau program budaya, hingga penelitian dan publikasi bersama,” kata Arus dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (13/12).

Kerja sama juga mencakup pengembangan tenaga kerja serta bidang ketenagakerjaan di Indonesia dan Korea Selatan.

Gempita Surya Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait