Indonesia protes rencana bea masuk biodiesel Uni Eropa

Uni Eropa akan menerapkan bea masuk untuk biodiesel asal Indonesia dengan margin 8%-18%.

Kementerian Perdagangan menyatakan Indonesia akan menyampaikan protes keras kepada pemerintah Uni Eropa (UE) atas dikeluarkannya proposal besaran bea masuk produk biodiesel asal Indonesia pada Juli 2019. Alinea.id/Nanda Aria

Kementerian Perdagangan menyatakan Indonesia akan menyampaikan protes keras kepada pemerintah Uni Eropa (UE) atas dikeluarkannya proposal besaran bea masuk produk biodiesel asal Indonesia pada Juli 2019. Besaran bea masuk imbalan sementara yang diajukan yaitu dengan margin 8%-18%.

"Dengan dikeluarkannya proposal pengenaan bea masuk imbalan sementara ini, Indonesia akan menyampaikan respons resmi yang menyatakan keberatan," kata Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan Pradnyawati di Jakarta, Jumat (26/7).

Keberatan akan difokuskan pada metode penghitungan besaran bea masuk yang diduga tidak memerhatikan fakta yang diperoleh selama penyelidikan. Pemerintah UE diduga hanya menggunakan best information available (BIA), yaitu data yang dimiliki petisioner (pemohon/industri UE) yang jelas merugikan Indonesia.

Pradnyawati memaparkan, Indonesia harus tegas terhadap sikap UE yang telah memberikan hambatan perdagangan yang signifikan pada ekspor biodiesel Indonesia.

Ia mengatakan bila proposal ini menjadi penentuan awal (preliminary determination), maka bisa dipastikan ekspor biodiesel ke UE mengalami hambatan.