Indonesia-Selandia Baru jalin kerja sama jaminan produk halal

Selandia Baru merupakan salah satu pemasok utama daging sapi ke Indonesia.

Wamenag, Zainut Tauhid Sa'adi (kedua kanan), membahas kerja sama JPH bersama Menteri Pertanian Selandia Baru, Hon Damien O’Connor. Dokumentasi Kemenag

Indonesia menjalin kerja sama jaminan produk halal (JPH) dengan Selandia Baru. Langkah ini guna meneguhkan komitmen menjadi pemimpin industri halal global pada 2024.

Pembahasan kerja sama dilakukan dalam pertemuan Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi, dengan Menteri Pertanian Selandia Baru, Hon Damien O’Connor, di Selandia Baru.

"Kita berharap kedua negara dapat segera menindaklanjuti pembicaraan yang telah dilakukan menjadi perjanjian kerja sama yang lebih konkret," kata Zainut dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (7/12).

Menurut Zainut, banyak peluang kerja sama jaminan produk halal yang dapat dilakukan dengan Selandia Baru. Salah satunya adalah pasokan daging halal.

"Selandia Baru selama ini menjadi salah satu negara pemasok daging halal. Sebagai negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam, maka pasokan daging halal tentunya menjadi kebutuhan Indonesia," tuturnya.