Indosat kejar target bangun 18.000 BTS

Pembangunan BTS sebagai bagian dari percepatan perbaikan jaringan 4G Indosat.

Pembangunan BTS sebagai bagian dari percepatan perbaikan jaringan 4G Indosat./Antara Foto

PT Indosat Tbk. (ISAT) mempercepat perbaikan jaringannya. Indosat memperluas target coverage jaringan 4G mereka menjadi 90% pada semester-II 2019 ini.

Head of Corporate Communication Indosat Turina Farouk menjelaskan, hingga saat ini jaringan 4G Indosat telah mengkaver 81% dari total populasi Indonesia. Ada pun fokus perusahaan saat ini masih berada di luar Pulau Jawa, sayang persentasenya enggan disebut Turina. 

Meski begitu, untuk mencapai target tersebut Indosat berencana menambah 18.000 Base Tranceiver Station (BTS) jaringan 4G mereka pada paruh kedua tahun ini. Pembangunan BTS tersebut akan dialokasikan dari dana belanja modal tahun ini sebesar 88% dari Rp10 triliun, BTS yang akan dibangun tersebut juga sudah siap dengan jaringan 5G. 

"BTS yang mau dipasang itu sudah siap 5G. Sekarang masalahnya ekosistemnya yang belum ada, frekuensinya belum ada, handphone juga baru satu merek yang menyediakan 5G," kata Turina.

Untuk diketahui, sumber belanja modal akan berasal dari: penerbitan obligasi, sukuk, kas internal, dan fasilitas pinjaman lainnya.