Integrasi tol JORR memperlancar arus logistik

Solusi ini juga dapat mengurangi kemacetan di jalan arteri sehingga dapat menambah kelancaran lalu lintas barang dan jasa.

Kendaraan melintas di Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road, di Jakara, Rabu (4/7)/AntaraFoto

Kementerian Perhubungan berkeyakinan integrasi Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dapat mendorong arus logistik keluar dan masuk kendaraan ke Pelabuhan Tanjung Priok menjadi lancar.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus H Purnomo mengatakan, Kementerian Perhubungan telah mengirimkan surat kepada Kementerian PUPR. Surat itu meminta agar dapat meninjau kembali pemberlakuan besaran tarif tol ruas Kebon Bawang-Rorotan yang dikelola PT Hutama Karya.

“Sehingga akan mendorong truk barang menggunakan layanan tol JORR untuk kelancaran arus barang masuk dan keluar pelabuhan Tanjung Priok,” jelas Agus dalam siaran pers yang diterima Alinea.id.

Solusi ini juga dapat mengurangi kemacetan di jalan arteri sehingga dapat menambah kelancaran lalu lintas barang dan jasa.

Tol JORR sejatinya difungsikan mendukung efektifitas kelancaran arus barang menuju dan keluar pelabuhan Tanjung Priok. Terutama bila dilihat dari kawasan industri di Timur Jakarta (Bekasi, Karawang, Cikarang, dan sekitarnya) melalui tol Cikampek dan menyambung ke tol JORR menuju Pelabuhan Tanjung Priok, sehingga tidak masuk lagi ke dalam tol dalam kota.