Investor lepas saham free float kecil

Manajer investasi, dana pensiun dan asuransi merupakan pengguna utama index LQ45 dan IDX30 sebagai acuan terutama untuk semua produk ETF. 

Pegawai mengamati layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (9/11)./AntaraFoto

Bursa Efek Indonesia (BEI) akan melakukan penyesuaian metode perhitungan indeks yang sudah ada saat ini dengan menambahkan indikator rasio free float terhadap kapitalisasi pasar. 

Hal ini akan menyebabkan emiten dengan rasio free float kecil akan berkurang bobotnya dalam perhitungan indeks LQ45 dan IDX30, sebaliknya akan terjadi pada saham dengan free float besar.

Aturan yang diberlakukan pada Februari 2019 ini memancing investor untuk melepas saham yang memiliki free float kecil. Manajer investasi, dana pensiun dan asuransi merupakan pengguna utama index LQ45 dan IDX30 sebagai acuan terutama untuk semua produk ETF. 

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, market Indonesia mudah panik dengan sentimen yang ada. "Baru wacana free float langsung pada panik. Termasuk para pengelola dana," ujarnya kepada Alinea.id, Jumat (9/11).

Berikut kondisi harga saham 10 emiten yang terkena pengurangan pembobotan dari indekks LQ45 dan IDX30, pada perdagangan Jumat (9/11/2018).