Jalan panjang Indonesia resmi kuasai 51% saham Freeport

Setelah bernegosiasi 3,5 tahun, Indonesia akhirnya resmi menguasai 51% saham tambang emas terbesar dunia PT Freeport senilai Rp55,4 triliun.

Indonesia akhirnya menguasai mayoritas saham PT Freeport Indonesia sebesar 51% setelah perusahaan tambang emas terbesar dunia itu beroperasi setengah abad. / Reuters

Setelah bernegosiasi 3,5 tahun, Indonesia akhirnya resmi menguasai 51% saham PT Freeport Indonesia, tambang emas terbesar dunia di Papua senilai Rp55,4 triliun.

Proses divestasi saham Freeport yang telah dikuasai setengah abad oleh Amerika Serikat melalui Freeport McMoran Inc., tambang emas Grasberg akhirnya resmi dikuasai oleh Indonesia secara mayoritas. 

Presiden Joko Widodo mengaku tak mudah melakukan negosiasi dalam proses akuisisi saham Freeport. Sebab, negosiasi yang terjadi selama ini sangat alot antara Indonesia dan Freeport.

"Inilah 3,5 tahun yang kita usahakan sangat alot, jangan dipikir mudah, dan begitu sangat intens sekali dalam 1,5 tahun ini," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah acara puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 yang digelar di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (12/7).

Presiden mengatakan, dalam beberapa waktu terakhir negosiasi tersebut terus berjalan dan dikerjakan tanpa publikasi besar-besaran. Hal itu dilakukan lantaran menyangkut negosiasi yang amat tidak mudah.