Jelang BPS rilis inflasi, IHSG diprediksi capai 6.498

Inflasi pada April ini diprediksi dalam kondisi cukup baik dan akan menggerakkan investor melakukan transaksi beli saham.

IHSG diprediksi bertahan di zona hijau jelang rilis inflasi BPS./Antara

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang bertahan pada zona hijau awal pekan ini, Kamis (2/5). Rilis data inflasi periode April 2019 akan menjadi sentimen utama untuk pasar saham dari dalam negeri.

Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memprediksi inflasi pada April dalam kondisi yang cukup baik. Maka itu, pelaku pasar akan merespons positif dengan melakukan transaksi beli saham.

"Jelang rilis data perekonomian inflasi yang disinyalir berada dalam kondisi yang cukup baik tentunya menjadi penopang yang menunjukkan masih stabilnya kondisi perekonomian Tanah Air," ujar William dalam risetnya pada Kamis (2/5)

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) akan merilis data ekonomi itu hari ini pada pukul 11.00 WIB. Sebelumnya, BPS mencatat inflasi sebesar 0,11 pada Maret 2019. Hal ini dipengaruhi oleh kenaikan harga bawang merah yang memberi andil 0,06%, bawang putih dengan andil 0,04% dan angkutan udara dengan andil 0,03%.

Selain itu, kata William, masih akan banyak terlansir kinerja emiten selama kuartal I-2019. Hal tersebut merupakan salah satu faktor pendorong dan sentimen yang dapat memberikan pengaruh terhadap pola gerak IHSG.