Jokowi dorong peningkatan jumlah penerbitan NIB bagi pelaku usaha

Ini terkait dengan peningkatan jumlah pelaku usaha yang memiliki NIB seiring dengan adanya sistem Online Single Submission (OSS).

Presiden Jokowi dalam acara pemberian NIB bagi pelaku UMK perseorangan, Rabu (13/07/2022), di Gedung Olahraga Nanggala Kopassus, Jaktim. Foto: setkab.go.id/Humas Setkab/Jay

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) ditingkatkan mencapai 100.000 izin yang terbit per harinya. Ini terkait dengan peningkatan jumlah pelaku usaha yang memiliki NIB seiring dengan adanya sistem Online Single Submission (OSS).

"Dulu sebelum ada OSS itu per hari paling hanya 2.000 izin keluar, hanya 2.000. Sekarang sudah sampai angka 7.000-8.000 per hari," kata Jokowi dalam agenda Pemberian Nomor Induk Berusaha Pelaku UMK Perseorangan Tahun 2022 di Gedung Olahraga Nanggala Kopassus, Jakarta, Rabu (13/7).

"Tetapi yang saya minta bukan angka 7.000-8.000 per hari, yang saya minta 100.000 per hari izin harus keluar," imbuhnya.

Jokowi juga menegaskan, ia akan memastikan penerbitan NIB melalui OSS dapat dilakukan dalam waktu yang singkat.

“Saya sudah cek saat itu, waktu OSS jadi, apakah benar yang namanya NIB ini cepat kalau kita ingin mengajukan. Saat itu saya melihat cepat. Tapi nanti mau saya cek lagi, apakah sampai saat ini masih cepat kalau kita meminta Nomor Induk Berusaha,” ucap Jokowi.