Jokowi ingatkan kepala daerah waspadai krisis pangan

FAO telah memprediksi pandemi Covid-19 dapat menciptakan krisis pangan di setiap wilayah.

Presiden Joko Widodo. Foto Antara/Sigid Kurniawan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepala daerah untuk memperbarui data pangan di masing-masing wilayah guna menghindari kelangkaan pangan. Pasalnya, llembaga pangan dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO) telah meramal pandemi Covid-19 dapat menciptakan krisis pangan di setiap wilayah. 

Menurut Jokowi, setiap wilayah perlu memiliki pusat informasi pangan terpadu yang dapat dipantau secara simultan terkait dengan ketersediaan pangannya. 

"Saya minta gubernur, wali kota, bupati memperhatikan ketersediaan pangan di wilayah masing-masing. Ketersediaan pangan saya minta hati-hati. Sekali lagi hati-hati. Ketersediaan data sangat penting untuk merumuskan kebijakan yang tepat," katanya dalam sambutan rapat koordinasi nasional pengendalian inflasi secara daring, Kamis (22/10). 

Data pusat informasi pangan di setiap daerah, katanya, harus terintegrasi dengan pusat informasi pangan di pusat. Di pusat telah memiliki sistem Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional. Diharapkan, daerah juga memiliki pusat data pangan yang sama. 

"Perkuat informasi pangan, di daerah saya berharap dikembangkan jenis data dan informasi yang sama. Sinergikan data di daerah. Buat neraca pangan di daerah yang akurat. Bila ada persoalan pangan bisa cepat kami atasi," ujarnya.