Jokowi: Jangan restart ekonomi sebelum Covid-19 tertangani

Pernyataan presiden itu menyusul diluncurkannya strategi untuk mengurangi risiko kontraksi ekonomi oleh Airlangga Hartarto.

Presiden Joko Widodo mengenakan masker di tengah pandemi saat mengunjungi Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. Foto Antara/Hafidz Mubarak A.

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa kunci pemulihan ekonomi nasional selama pandemi Covid-19 adalah dengan menanggulangi dampak kesehatan terlebih dahulu. Dengan demikian, lanjutnya, efek ekonomi akan membaik setelahnya.

"Kesehatan yang baik akan menjadikan ekonomi baik. Artinya fokus nomor satu adalah kesehatan. Untuk penanganan Covid-19 karena memang kuncinya ada di sini," katanya dalam keterangan resmi, Jakarta, Senin (7/9).

Dia pun meminta jajaran Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Menteri Kesehatan, dan TNI-Polri betul-betul fokus pada urusan penanganan Covid-19. 

"Sekali lagi kalau penanganan Covid-19 baik, protokol kesehatan baik, maka ekonominya juga akan membaik," ujarnya.

Jokowi memberi peringatan jajarannya untuk tidak memaksakan aktivitas ekonomi di tengah peningkatan kasus positif Covid-19 di dalam negeri, serta belum dijalankannya protokol kesehatan secara disiplin.