Jokowi obral 54 sektor bisa dikuasai asing 100%

Presiden Jokowi melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengobral 54 sektor yang kini boleh dikuasai oleh asing hingga 100%.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengobral 54 sektor yang kini boleh dikuasai oleh asing hingga 100%. / Istimewa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengobral 54 sektor yang kini boleh dikuasai oleh asing hingga 100%.

Pemerintah mengeluarkan paket kebijakan XVI yang memuat perluasan Daftar Negatif Investasi (DNI). Dari kebijakan perluasan ini, setidaknya ada 54 bidang usaha yang kini dapat dikuasai asing hingga 100%.

Menteri Koordinator Bidang Perkonomian Darmin Nasution menilai, kepemilikan asing tidak berarti negatif bagi ekonomi Indonesia. 

"Memang ini susah, orang selalu melihatnya oh asing. Eh, Republik (Indonesia) ini sudah 70 tahun umurnya, ada banyak sekali yang kita tidak punya. Akibatnya begitu ekonominya tumbuh, impornya meledak. Karena tidak ada barangnya," kata Darmin di kantornya, Jumat (16/11) malam. 

Kendati demikian, Darmin sangat mengapresiasi nasionalisme masyarakat Indonesia. Namun buktinya, lanjut dia, banyak sekali barang modal atau bahan baku yang tidak dimiliki oleh bangsa ini.