Jokowi perintahkan desa fiktif diusut

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah akan menelusuri keberadaan desa-desa fiktif yang baru bermunculan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah akan menelusuri keberadaan desa-desa fiktif yang baru bermunculan. / Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah akan menelusuri keberadaan desa-desa fiktif yang baru bermunculan. Jokowi juga memerintahkan jajarannya untuk menangkap oknum yang terlibat dalam kemunculan desa tak berpenghuni ini.

"Tetapi kalau informasi benar ada desa siluman itu, kita kejar agar desa-desa yang tadi itu fiktif ketemu. Tangkap!" katanya di Jakarta, Rabu (6/11).

Dia pun mengakui dengan luasan geografis yang dimiliki oleh Indonesia sangat memungkinkan munculnya desa-desa siluman yang hanya memiliki plang nama desanya namun tidak berpenghuni. 

Jokowi juga mengatakan, mengelola 514 kabupaten/kota yang tersebar di seluruh Indonesia dan sebanyak 74.800 desa bukanlah pekerjaan mudah. Selalu ada peluang munculnya pelanggaran-pelanggaran administratif di daerah yang tidak terpantau dengan baik.

"Mungkin hanya ada desanya dipakai plang saja, tapi desanya nggak ada bisa saja terjadi. Karena sekali lagi dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote adalah sebuah pengelolaan yang tidak mudah," ucapnya.