Jokowi resmikan Bendungan Kamijoro di Kulon Progo

Bendungan Kamijoro senilai Rp229 miliar akan meningkatkan ketahanan pangan

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Bendungan Kamijoro di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (31/12/2019. Antara Foto/Sutarmi.

Presiden Joko Widodo mengatakan Bendung Kamijoro yang dibangun di aliran Sungai Progo di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, penting untuk meningkatkan ketahanan pangan karena memberikan kepastian ketersediaan air secara berkesinambungan guna mendukung aktivitas bidang pertanian.

Jokowi meresmikan Bendung Kamijoro senilai Rp229 miliar yang berada di Desa Tuksno, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Bendungan itu mampu mengairi lahan pertanian di Kabupaten Bantul seluas 2.370 hektare (ha).

"Bendung Kamijoro memberi manfaat irigasi sawah seluas 2.370 ha di Kabupaten Bantul dengan meningkatkan intensitas tanam dari 205% menjadi 270%," kata Jokowi di Kulon Progo, Selasa (31/12).

Ia mengatakan Bendung Kamijoro juga sangat bermanfaat bagi persediaan air baku, baik untuk Bandara Internasional Yogyakarta, maupun untuk memenuhi kebutuhan di Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, dan nantinya bisa ke Kota Yogyakarta.

"Kami memperhatikan Bendung Kamijoro ada area bermain, ada plaza terbuka dan saya tahu sudah menjadi tujuan wisata," katanya.