Jokowi resmikan pengembangan Stasiun Manggarai tahap I

Pemerintah memulai pengembangan Stasiun Manggarai sejak 2016 sebagai salah satu stasiun sentral di Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengembangan Stasiun Manggarai Tahap I, Jakarta, pada Senin (26/12/2022). YouTube/Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengembangan Stasiun Manggarai Tahap I, Senin (26/12). Menurutnya, kereta api merupakan moda transportasi yang semakin diminati masyarakat serta dapat menjangkau ke berbagai tempat dengan lebih cepat dan terjangkau.

"Hari ini, saya akan meresmikan pengembangan Stasiun Manggarai, yang merupakan salah satu stasiun dengan lalu lintas kereta tersibuk di Indonesia. Setiap hari, stasiun ini melayani penghentian KRL tujuan Jakarta Kota, Tanah Abang, dan Bekasi dengan lalu lintas dan penumpang yang sangat padat," kata Jokowi di Stasiun Manggarai, Jakarta.

Disampaikan Jokowi, pemerintah memulai pengembangan Stasiun Manggarai sejak 2016 sebagai salah satu stasiun sentral di Jakarta. Ini juga merupakan bagian dari proyek double track Manggarai-Cikarang dengan penambahan 7 jalur sehingga menjadi 14 jalur kereta.

"Terdiri dari 10 jalur kereta api at grade (bawah) dan 4 jalur kereta api elevated (layang)," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, pengembangan stasiun ini penting untuk meningkatkan frekuensi dan headway perjalanan kereta api dan meningkatkan aksesibilitas serta mobilitas masyarakat dari Jakarta ke kota-kota penyangga lainnya atau sebaliknya.