Jokowi sampaikan 3 strategi besar ekonomi di hadapan ekonom

Jokowi juga menyinggung mengenai reformasi struktural dengan adanya Undang-Undang Cipta Kerja.

Presiden Jokowi menyampaikan tiga strategi besar ekonomi dalam acara peresmian pembukaan Sarasehan 100 Ekonom Indonesia pada Kamis (26/8/2021). Foto: YouTube/Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga strategi besar ekonomi di hadapan para ekonom ketika memberikan sambutan dalam acara Peresmian Pembukaan Sarasehan 100 Ekonom Indonesia melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (26/8). 

Tiga strategi besar yang dimaksud Jokowi adalah hilirasi industri, digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta ekonomi hijau. 

“Tetapi ke depan, strategi besar ekonomi kita ini, ada tiga hal yang ingin saya sampaikan. Yaitu, hilirisasi industri, digitalisasi UMKM, kemudian kita harus mulai masuk ke ekonomi hijau,” ujar Jokowi. 

Berkaitan dengan hilirisasi industri, Jokowi menjelaskan, hilirisasi sudah dimulai dengan menghentikan ekspor bahan mentah di sejumlah komoditas. Menurutnya, untuk ke depannya ekspor bahan mentah lain seperti nikel, bauksit, emas, tembaga, kelapa sawit, hingga turunannya bisa berubah menjadi ekspor barang setengah jadi atau lebih baik lagi apabila bisa menjadi barang jadi.

“Saya kira ekspor kita, ekspor besi baja kita, dalam setengah tahun ini sudah berada di angka kurang lebih US$10,5 miliar,” ucapnya.