Jokowi siapkan insentif untuk UMKM hingga pekerja harian

Jokowi menyiapkan insentif untuk pekerja informal seperti tukang ojek online selama pandemi Covid-19.

Layar menampilkan rapat terbatas (ratas) melalui konferensi video yang dipimpin Presiden Joko Widodo dari Istana Bogor di ruang wartawan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/3/2020). Antara Foto/Hafidz Mubarak A.

Presiden Joko Widodo memastikan akan ada stimulus ekonomi untuk pelaku usaha informal serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19 sehingga bisnis mereka bisa terus berjalan di tengah pandemi.

“Bagi UMKM, pelaku usaha, dan pekerja informal tadi sudah kita bicarakan bahwa pemerintah segera menyiapkan program perlindungan sosial dan stimulus ekonomi,” kata Jokowi dalam rapat terbatas melalui siaran langsung video tentang Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19 dari Istana Kepresidenan Bogor, Seni (30/3).

Jokowi menegaskan stimulus ekonomi dan program perlindungan sosial yang dimaksud akan segera diumumkan kepada masyarakat dalam waktu dekat ini. “Ini yang akan segera kita umumkan kepada masyarakat,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku banyak pihak yang berharap bahwa pemerintah akan memberikan bantuan dan perlakuan khusus kepada UMKM karena situasi pandemi Covid-19 yang melanda.

Jokowi menilai kondisi ini berbeda dengan krisis pada 1998 di mana sektor UMKM justru menjadi penopang ekonomi di saat sektor perbankan di tanah air berguguran.