Jokowi singgung APBN dipakai beli produk impor

Menurut Jokowi, APBN yang tidak mudah dikumpulkan tak semestinya digunakan untuk membeli produk impor.

Presiden Jokowi saat meresmikan salah satu pure di Bali. Dokumentasi Setpres.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti agar dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak digunakan untuk membeli produk impor. Ia mengingatkan pentingnya membeli produk dalam negeri untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan pada Business Matching Produk Dalam Negeri di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (15/3).

Menurut Jokowi, pendapatan negara yang terdiri dari pajak, dividen BUMN, hingga penerimaan negara bukan pajak (PNBP) lainnya tidak mudah dikumpulkan. Oleh karena itu, ia menilai tak semestinya APBN digunakan untuk membeli produk impor.

"(APBN) dikumpulkan dengan sangat sulit, tidak mudah sehingga terkumpul pendapatan negara itu. Kemudian kita belikan produk impor, kemudian kita belikan produk buatan luar negeri, benar? Benar? Inilah yang selalu saya ingatkan," kata Jokowi.

Jokowi mengaku kaget saat mengetahui tak sedikit jajarannya di kementerian, lembaga, maupun instansi pemerintahan lainnya yang melakukan pembelian produk impor menggunakan APBN. Ia menginginkan hal ini agar tidak lagi diteruskan.