Jokowi tak gentar digugat ke WTO imbas hilirisasi industri: Lawan!

Jokowi menegaskan, langkah pemerintah menyetop keran ekspor nikel dan bauksit bukan untuk menolak kehadiran asing.

Presiden Jokowi tak gentar digugat ke WTO imbas kebijakan hilirisasi industri atau larangan ekspor bahan mentah. YouTube Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan takkan mengentikan program hilirisasi industri, khususnya di sektor pertambangan, dengan menyetop keran ekspor bahan mentah (raw material). Setelah melarang ekspor nikel pada 2020, Jokowi akan menerapkan kebijakan serupa untuk bijih bauksit.

"Setelah nikel kita setop tahun 2020, bauksit nanti kita setop pertengahan tahun ini," kata Jokowi dalam sambutannya pada Pembukaan Muktamar XVIII PP Pemuda Muhammadiyah 2023 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (22/2).

Upaya hilirisasi yang dilakukan pemerintah ini bukannya tanpa halangan. Jokowi mengungkapkan, Indonesia digugat Uni Eropa ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) usai melarang ekspor nikel.

"Tahun kemarin, kita kalah digugat oleh Uni Eropa. Tapi, saya sampaikan kepada menteri, 'Jangan juga berhenti, lawan!'" ujar Jokowi.

Jokowi memprediksi bakal ada gugatan lainnya jika kebijakan pelarangan ekspor bauksit diterapkan. Dia pun meminta jajarannya dan seluruh pihak tak gentar menghadapi potensi ancaman tersebut.