Jokowi tunjuk Luhut pimpin Satgas Percepatan Investasi di IKN

Pemerintah juga membentuk tim task force di bidang pertanahan. Ini dilakukan agar lahan yang ditawarkan kepada investor clear and clean.

Presiden Jokowi menunjuk Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, untuk memimpin Satgas Percepatan Investasi IKN Nusantara. Dokumentasi Kemenko Marves

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgassus) untuk Mempercepat Realisasi Investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tugas baru ini melengkapi seabrek jabatan yang sudah diamanahkan Presiden Jokowi ke Luhut Pandjaitan.

"Dibentuk juga tim task force khusus yang diketuai Menko Marinves, Pak Luhut, yang akan mengoordinir interdept (antarkementerian) dan juga semua lembaga terkait sehingga proses percepatan investasi di IKN dapat berjalan lebih baik dan efisien lagi," kata Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (15/5).

Pemerintah, lanjut Bambang, juga membentuk tim task force di bidang pertanahan. Hal ini dilakukan agar lahan yang ditawarkan kepada investor sudah clean and clear.

"Jadi, [tanah] yang akan ditawarkan kepada investor adalah tanah-tanah yang sudah matang dan kita ketahui harganya. Sehingga, mereka bisa langsung menghitung berdasarkan kondisi topografi, geologi, akses, dan sebagainya," jelas Bambang.

Bambang berharap kejelasan informasi tentang tanah itu akan membuat investor IKN bisa merumuskan rencana bisnis yang lebih tajam. Kemudian, mendapatkan harga paling baik dilandasi data dan informasi terkini.