Jokowi ungkap 3 kesepakatan ekonomi RI-Timor Leste

Jokowi menyampaikan komitmen BUMN dan perusahaan-perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor Leste,

Presiden Jokowi dan Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos-Horta saat berfoto bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/07/2022). Foto: setkab.go.id/Humas Setkab/Rahmat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang ekonomi antardua negara. Komitmen itu mengemuka dalam pertemuan bilateral Jokowi dan Ramos Horta yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7).

"Kami membahas berbagai kerja sama bilateral dengan terbuka dan bersahabat, dan komitmen penguatan kerja sama ekonomi menjadi fokus pembahasan," ujar Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama dengan Presiden Ramos-Horta usai pertemuan, seperti dilansir dari setkab.go.id.

Jokowi menyampaikan sejumlah kesepakatan yang dicapai kedua negara.

Pertama, Indonesia dan Timor Leste sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan dua negara. 

"Dengan melihat tren hubungan perdagangan yang terus positif, saya yakin perdagangan dua negara bisa terus ditingkatkan," kata Jokowi.