Jokowi yakin pertumbuhan ekonomi tahun ini capai 5,17%

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia di akhir tahun ini bisa mencapai 5,17%.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia di akhir tahun ini bisa mencapai 5,17%. Angka ini diharapkan membaik dari capaian tahun lalu. / (Foto: Eka Setiyaningsih/Alinea.id)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia di akhir tahun ini bisa mencapai 5,17%. Angka ini diharapkan membaik dari capaian tahun lalu.

Jokowi mengatakan keyakinan tersebut dilatarbelakangi oleh penjelasan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. 

"Tadi Pak Menko Perekonomian membisiki saya, kurang lebih 5,17%. Ini belum dihitung," jelas Jokowi di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (28/12).

Jokowi berharap pertumbuhan tersebut salah satunya akan ditopang oleh daya beli masyarakat. Pasalnya, ia menilai daya beli masyarakat positif seiring pengendalian inflasi yang baik dari pemerintah, dan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi

"Yang penting bukan hanya pertumbuhan ekonomi namun juga inflasi. Inflasi dipastikan lebih rendah dibanding tahun lalu, hanya angkanya di tiga koma sekian, tidak tahu berapa, tapi di bawah tahun lalu," jelasnya.