Jumlah penduduk miskin ditargetkan turun jadi 8,7% di 2020

Jumlah penduduk miskin tahun ini masih mencapai 9,4% dari keseluruhan penduduk Indonesia.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyatakan sebanyak 53 juta jiwa di Indonesia masih masuk dalam kategori rentan miskin. / Antara Foto

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyatakan sebanyak 53 juta jiwa di Indonesia masih masuk dalam kategori rentan miskin.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan Indonesia mengungkapkan separuh penduduk Indonesia berada dalam kategori menjelang kelas menengah atau expiring middle class, dan 20% darinya adalah golongan rentan.

"Kelompok yang rentan ini bisa jatuh kembali menjadi kelompok dalam garis kemiskinan, kalau mengalami masalah seperti kehilangan pekerjaan, sakit berkepanjangan, kenaikan harga pangan, dan bencana," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, di Jakarta, Kamis (29/8).

Terlebih, kata Bambang, sebagian besar dari masyarakat golongan rentan tersebut tidak tercakup dalam program bantuan sosial pemerintah maupun jaminan sosial dan ketenagakerjaan, karena pendapatannya dinilai jauh di atas garis kemiskinan.

Hal ini, menurut Bambang, yang menjadi penyebab  tingkat kemiskinan setiap tahunnya turun dengan sangat lambat.