Jumlah penumpang angkutan umum naik 71,09% pada Nataru 2022

Jumlah penumpang angkutan umum di semua moda transportasi pada periode Nataru mencapai 10,31 juta penumpang.

Ilustrasi transportasi publik. Alinea.id/Oky Diaz

Pergerakan penumpang angkutan umum meningkat 71,09% selama periode libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru). Angka ini berdasarkan hasil pemantauan Posko Angkutan Nataru Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sepanjang 19 Desember 2022-3 Januari 2023.

Volume penumpang angkutan Nataru 2021 sebanyak 6,03 juta penumpang dan meningkat menjadi 10,31 juta penumpang pada periode sama tahun ini. Kenaikan terjadi di seluruh moda transportasi, baik angkutan jalan, penyeberangan, laut, udara, dan kereta api.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengungkapkan, sejumlah perjalanan angkutan umum sempat mengalami gangguan perjalanan akibat cuaca ekstrem. Gangguan menyebabkan penundaan keberangkatan ataupun pembatalan perjalanan.

"Kita melihat bahwa gangguan cuaca merupakan tantangan yang paling besar dihadapi pada tahun ini di tengah melonjaknya jumlah penumpang," kata Budi saat menutup Posko Angkutan Nataru di kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (4/1).

Budi menuturkan, Kemenhub telah berupaya melakukan antisipasi terhadap hambatan pada periode Nataru. Dia menilai, evaluasi yang dilakukan dapat dijadikan sebagai bahan persiapan ke depannya.