Jurus jaga stabilitas harga pangan jelang lebaran

Pemerintah mengandalkan pihak ketiga dalam menjaga pasokan dan stabilitas harga bahan pokok menjelang lebaran 2019.

Pemerintah mengandalkan pihak ketiga dalam menjaga pasokan dan stabilitas harga bahan pokok menjelang lebaran 2019. / Antara Foto

Pemerintah mengandalkan pihak ketiga dalam menjaga pasokan dan stabilitas harga bahan pokok menjelang lebaran 2019. Pihak ketiga tersebut adalah Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Apindo) dan Asosiasi Rumah Potong Hewan Unggas Indonesia (Arphuin).

Dengan mengandalkan pihak ketiga tersebut, pemerintah meyakini harga bahan pokok makanan akan terjaga dan pasokan sampai lebaran aman dan terkendali. 

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahja Widyanti mengatakan, pihaknya telah melakukan penterasi pasar untuk memenuhi kebutuhan pokok lebaran 2019. Ada 205 pasar pantuan yang diawasi Kemendag dari hari ke hari. 

"Kemendag sudah menyurati Bulog (Perum Badan Urusan Logistik) pada 22 Januari 2019 untuk melakukan pasokan dan stabilitas harga. Pada tanggal 23 Mei, Bulog telah melakuakn penyaluran 221.474,36 ton beras medium," ujar Tjahja saat melakukan rapat dengan Komisi IV DPR, Rabu (29/5). 

Sementara itu, berdasarkan kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) yang dilakukan sejak 18 April sampai dengan 15 Mei 2019, Bulog telah mendistribusikan sebesar 400,8 ton bawang putih kepada 13 Provinsi di Indonesia.