Proyek KA Makassar-Parepare ditargetkan rampung triwulan II-2024

Proyek kereta api (KA) Makassar-Parepare akan dituntaskan dalam tiga tahap.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto dokumentasi Kementerian Perhubungan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan proyek kereta api (KA) Makassar-Parepare akan dituntaskan dalam tiga tahap. Proyek ini merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan, dari tiga target utama penyelesaian proyek KA Makassar-Parepare, target pertama yang akan diselesaikan yaitu jalur KA Maros-Barru sepanjang kurang lebih 71 kilometer (km). Ditargetkan jalur yang dilalui delapan stasiun tersebut sudah bisa beroperasi melayani angkutan KA penumpang perintis pada Oktober 2022, dengan tujuan Stasiun Maros ke Stasiun Barru, pergi-pulang (PP). 

“Setelah dua tahun pandemi, ternyata perkembangan dari pembangunan proyek ini sangat signifikan. Direncanakan bulan Oktober keretanya akan akan mulai beroperasi,” kata Budi dalam keterangan resmi, Sabtu (28/5).

Selain sebagai angkutan penumpang perintis, kereta ini juga akan difungsikan sebagai kereta wisata menuju sejumlah objek wisata di Sulawesi Selatan yang potensial seperti di daerah Kabupaten Barru dan desa wisata Rammang-Rammang. 

“Saya mendorong pemda (pemerintah daerah) bersama stakeholder pariwisata mengembangkan wisata di sini, mulai dari kulinernya, juga pemandangan gunung, sawah, dan laut yang indah,” ucap Budi.