Kadin: 55 juta pekerja harus dibantu pemerintah karena terdampak Covid-19

sektor UMKM dinilai yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19.

Perajn memproduksi kerajinan rotan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (14/5/2020). Foto Antara/Indrianto Eko Suwarso/aww.

Pekerja di sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) perlu dibantu oleh pemerintah untuk tetap dapat mencukupi kebutuhan hariannya.

Pasalnya, sektor UMKM dinilai yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19. Lebih lagi, pekerja di sektor ini memiliki jumlah yang sangat besar, yaitu 115 juta pekerja. Dan 55 juta pekerja di antaranya perlu dibantu.

"UMKM terkena dampak paling besar dan cepat karena ini harus didorong karena ada 115 juta pekerja di sektor ini.  Sebelum adanya Covid-19 ada pengangguran tujuh juta, dengan ini mungkin ada 55 juta orang yang kondisi pekerjaannya harus dibantu pemerintah," kata Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani dalam konferensi video, Minggu (7/6). 

Berdasarkan catatan yang telah dikumpulkan Kadin, terdapat 6 juta orang yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan karena terganggunya iklim usaha.

"Memang angka PHK dan dirumahkan meningkat tajam di angka kami di atas 6 juta yang PHK, 90% sisanya dirumahkan karena perusahaan enggak kuat bayar PHK," ujarnya.