Kasus Covid-19 terus pecahkan rekor, pasar saham lemas

Kasus harian Covid-19 yang terus naik dan memecahkan rekor masih menjadi kekhawatiran pasar yang berpotensi menekan pertumbuhan ekonomi.

Ilustrasi. Pixabay.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,05% ke level 6.044 pada perdagangan Rabu (7/7).

Tercatat, sebanyak 30,4 miliar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp13,7 triliun. Sebanyak 244 saham naik ke zona hijau dan 274 saham turun ke zona merah. 

Investor asing melakukan aksi jual bersih senilai Rp188 miliar di seluruh pasar dan senilai Rp87 miliar di pasar reguler. Saham PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), dan PT BFI Finance Indonesia Tbk. (BFIN), menjadi tiga saham yang paling banyak dilepas oleh investor asing di pasar reguler. 

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut, dari dalam negeri, kasus baru harian Covid-19 yang terus naik dan memecahkan rekor masih menjadi kekhawatiran pasar yang berpotensi menekan pertumbuhan ekonomi. 

Data Satgas Covid-19, hingga Selasa (6/7), ada tambahan 31.189 kasus baru yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia. Sehingga total menjadi 2,34 juta kasus positif Covid-19.