Ke AS, Erick Thohir jajaki kerja sama energi, kesehatan, dan investasi

Kerja sama ini difokuskan pada tiga bidang, yaitu energi, investasi, dan kesehatan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat penjajakan kerja sama di bidang energi, kesehatan, dan investasi di Amerika Serikat, Selasa (11/05/2021). Foto dokumentasi Kementerian BUMN.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat ini tengah melakukan kunjungan kerja di Amerika Serikat, hingga 11 Mei waktu setempat untuk menjajaki kerjasama di bidang energi, kesehatan, dan investasi.

Menurut Erick, Kementerian BUMN sebagai bagian dari program BUMN Go Global, terus menjalin dan mempererat hubungan dagang antara Indonesia dan Amerika Serikat, melalui kerjasama strategis dengan BUMN-BUMN Indonesia. 

"Perjalanan kerja kali ini difokuskan pada tiga bidang, yaitu energi, investasi, dan kesehatan,” kata Erick dalam keterangan resminya, Selasa (11/5).

Di bidang energi, hari ini, Selasa (11/5), Erick menyaksikan penandatanganan kesepakatan antara PT Pertamina (Persero), PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), dan Air Products & Chemical Inc. (Air Products) pada proyek strategis nasional gasifikasi batu bara. 

Selain itu, Kementerian BUMN juga menjajaki kerja sama antara Pertamina dengan ExxonMobil di bidang Carbon Capture and Storage (CCS) dan Carbon Capture, Utilization, and Storage (CCUS), yang ditujukan untuk menekan emisi karbon dan sebagai bagian dari upaya enhance oil and gas recovery di sumur-sumur Pertamina untuk meningkatkan produksi migas negara.