Kemenhub akan bangun Balai Pengujian Kendaraan taraf internasional di Bekasi

Pembangunan dijadwalkan dilakukan usai KTT G20 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menhub, Budi Karya Sumadi (kanan), meninjau Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu (12/11/2022). Dokumentasi Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hendak membangun Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Jawa Barat. Balai ini akan menjadi fasilitas berstandar internasional.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadim mengatakan, kemampuan BPLJSKB di Bekasi saat ini baru mampu menguji kendaraan yang akan dipasarkan di dalam negeri. Pangkalnya, hanya mampu memenuhi strata kualifikasi EURO 4. 

"Jika ini selesai dibangun, kita akan melompat ke EURO 6 sehingga kendaraan yang diuji di sini tidak perlu lagi melakukan pengujian di luar negeri," katanya, Sabtu (12/11).

Budi Karya menerangkan, emisi gas buang kendaraan berstata kualifikasi EURO 5 atau EURO 6 lebih rendah, konsumsi bahan bakar semakin efisien, dan tingkat kebisingan semakin kecil. Ini sejalan komitmen Indonesia melakukan dekarbonisasi di sektor transportasi, yang berkontribusi cukup tinggi terhadap isu lingkungan.

"Insyaallah, kita mulai pembangunan usai KTT G20 dan semoga Bapak Presiden berkenan untuk melakukan groundbreaking," ujarnya.