Kemenhub pastikan pembangunan bandara tetap berjalan di tengah pandemi

Sektor udara dinilai penting agar dapat menjangkau pelosok negeri dari Aceh, Kalimantan Utara, hingga Papua.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Pemerintah memastikan pembangunan dan pengembangan sejumlah infrastruktur transportasi udara tetap berjalan di tengah pandemi. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan pihaknya mempercepat rehabilitasi dan pengembangan 175 bandar udara (bandara) guna mendukung kawasan prioritas, pembangunan 21 bandara baru, serta pembangunan 10 bandara hub primer.

"Pengembangan 175 bandara untuk daerah 3 terpencil, terpencil, terdepan, dan tertinggal (3T) terus dilakukan dengan baik," katanya dalam video conference, Senin (21/9).

Budi mengatakan, pembangunan dan pengembangan 175 bandara tersebut sesuai dengan amanat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun jembatan udara yang dapat menjangkau pelosok negeri dari Aceh, Kalimantan Utara, hingga Papua.

"Karena itu, kami menjaga amanah presiden. Jembatan udara maksudnya, mengantar logistik, membuat satu kegiatan angkutan di daerah yang jauh dan tertinggal di pelosok seperti di Papua, Kalimantan Utara, Aceh, dan beberapa tempat," ujarnya.